Visit West Sumatera

By HERVINA - August 11, 2018

Melanjutkan cerita pulang kampung saya yang lalu...

Setelah pulang kampung ke Pangkalan Berandan yang tercintahhh...saya melanjutkan perjalanan ke Sumatera Barat selain buat refreshing juga sekalian mengabiskan cuti tahunan say 😎. Selama di Sumatera Barat saya berkunjung ke berbagai tempat terutama yang ada makanannya...😁sekalian cari ispirasi untuk buka usaha.

Berikut tempat-tempat yang saya kunjungi selama di sumatera Barat:

Dum-Dum Thai Tea

Begitu menginjakkan kaki di bandara MIA ngeliat penampakan dum-dum thai tea  dan langsung deh merapat...😁yang dipesan selalu thai grean tea with less ice and less sugar seperti biasa saya kurang suka yang terlalu manis karena saya sudah manis...😝 jangan mual bacanya ya teman-teman..

Karena tujuan utama saya adalah ke Payakumbuh jadi dari bandara MIA ke Payakumbuh saya melanjutkan perjalanan menggunakan travel dengan waktu tempuh selama 4 jam.

Tempat pertama yang saya kunjungi di Payakumbuh adalah Soto Che.

Soto Che

Walaupun signature dish di restoran ini adalah soto sesuai dengan nama restorannya tapi yang terkenal disini tidak hanya soto namun ada juga nasi goreng yang endang gurindang bambang a.k.a enak banget.

Kebetulan saya pergi ke restoran ini pada pagi hari jadi menurut saya nasi goreng adalah pilihan yang cocok untuk sarapan dan ternyata benar nasi gorengnya enak banget.

Kalau nasi goreng umumnya bertekstur kering namun nasi goreng yang ada di restoran ini justru punya tekstur yang sedikit basah dan creamy. Jadi creamy disini biasanya karena bumbu nasi goreng ditambahkan kemiri dan juga mereka memasukkan telur utuh diakhir proses memasak nasi goreng yakni ketika nasi dan bumbu sudah teraduk sempurna sehingga membuat nasi goreng sedikit basah karena telur yang dimasukkan membalut setiap butiran nasi dan tidak bisa kering seperti membuat telur orek biasa. Tipikal nasi goreng favorit saya banget.

Nasi goreng disini membekas banget sih, ini jadi nasi goreng pertama yang saya rasa enak banget dan bikin nagih.

Acar cabe dan timun yang dibuat di Soto Che ini juga beda, ada rasa manis-manisnya tapi buka le mineral ya...😜 sepertinya mereka mengunakan gula merah dan asam jawa didalamnya, jadi asamnya tue gak tajam kayak cuka. Really recomanded

Buat temen-temen yang bukan penggemar soto dan nasi goreng juga bisa coba menu yang lain seperti berikut:

Foto menu ini saya ambil di tanggal 13 April 2018. Pada saat temen-teman berkunjung kesana bisa saja harga makanannya tidak sama dengan yang saya foto karena harga bisa saja berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan naik turunnya harga bahan baku dipasaran.

Soto Che buka di kisaran jam 6:00 s/d 18:00 WIB. Lokasinya berada di jalan Sutan usman, parik rantang, Payakumbuh

Map For Soto Che

F1 Aina

F1 aina  ini merupakan usaha pertanian dan pengolahan jajanan serba jagung mulai dari jagung rebus, perkedel jagung, puding jagung dan masih banyak lainnya. Mereka mempunyai tagline yakni "jagung super manis". Mereka sudah memiliki puluhan outlet yang tersebar di beberapa kota di Sumatera Barat.

Karena saya sedang berada di Payakumbuh jadi saya mampir ke otlet pertama F1 aina yang berada di daerah Batuhampar untuk ngemil-ngemil cantik sambil menyeruput segelas kawa daun racikan mereka.

Kopi Kawa Daun

Dari beberapa olahan jagung yang saya cobain enak-enak semua sih terutama kue sus-nya fillingnya gak amis sama sekali. Berikut jajanan yang saya coba disana:

Sus dan Kue Bohong

Roti Goreng dan Bakpau

Otletnya F1 aina ini bisa dikatakan tidak pernah sepi pengunjung karena banyak banget bus, travel maupun mobil pribadi yang singgah untuk sekedar membeli buah tangan atau nongki-nongki cantik seperti yang saya lakukan.

Alamat lengkap otletnya ada di Batuhampar, Akabiluru, Kab. Lima Puluh Kota , Sumatera Barat.Jam operasionalnya dari 8:00-23:00 WIB.

Map For F1 Aina Payakumbuh

Es Cendol Mamak

Rata-rata pedagang es cendol di Sumbar menambahkan ampiang kedalam racikan es cendolnya.

ampiang itu apa?

Ampiang adalah ketan putih yang dipipihkan dan dicampur dengan parutan kelapa. Kalau temen-temen pernah dengar ampiang dadiah, yakni yogurt susu kerbau, nah ampiang yang digunakan itu sama saja.

Namun berbeda dengan es cendol mamak ini, mereka punya ciri khasnya sendiri. Jadi mereka tidak menambahkan ampiang pada racikan es cendolnya melainkan lupis berukuran kecil untuk sekali suap kedalam es cendolnya tapi saya lupa ambil foto lupisnya...😁 terlalu fokus dengan kesegaran es cendolnya...😋

Lokasinya es cendol mamak di tepi jalan Napar, Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Jualannya itu mulai dari jam 8:00 s/d 17:00 WIB

Map For Es Cendol Mamak

Bofet Pergaulan

Bofet pergaulan merupakan rumah makan yang menyajikan menu masakan khas minang tetapi tidak hanya itu, mereka juga menjual menu lain, seperti: nasi goreng, mi goreng, mi rebus, soto padang dan masih banyak lagi.

Rasa dari masakan bofet pergaulan ini juga terkenal enak-enak.

Disini saya nyobain nasi gorengnya aja dan lucunya saya lebih suka nasi goreng dari soto che meskipun nasi goreng di bofet pergaulan ini tidak kalah enak tapi gak creamy kayak nasi goreng yang di soto che. Namun untuk acarnya saya justru lebih suka yang ada di bofet pergaulan. Saya jadi kepikiran "bisa gak ya beli acar aja di bofet pergaulan  tapi nasi gorengnya beli di soto che" atau saranin mereka buat collab nasi goreng ya...😜

Tapi balik lagi ke selera, setiap orang punya selera makan yang berbeda-beda 👌

Lokasi Bofet Pergaulan di jalan Soekarno Hatta, Parik Rantang, Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh,Sumatera Barat. Mereka bukanya dari jam 6:00 s/d 3:00 WIB

Map for Bofet Pergaulan

Pondok Goreng Kawa Daun Mangkuto

Sesuai dengan nama tempatnya signature dish mereka ya aneka gorengan dan si kopi kawa daunnya yang terkenal enak.

Apa itu kopi kawa daun?

kopi kawa daun adalah kopi yang terbuat dari seduhan daun kopi yang sudah diasap dan terselip cerita sejarah dibalik tercetusnya ide untuk membuat sajian kopi tapi justru dari daun kopinya yang akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.

Ini cara penyajian yang tradisionalnya pake tempurung kelapa dan tatakannya menggunakan bambu.

Kembali ke pembahasan pondok goreng kawa daun mangkuto.

Nilai lebih dari tempat ini adalah suasananya yang masih perkampungan dengan pemandangan hijau yang berada disekelilingnya juga bisa sekalian menyegarkan mata. Disepanjang perjalanan menuju ke tempat ini juga banyak terlihat sawah dan kebun-kebun sayur...pokoknya pemandangannya seger banget deh daripada cuma ngeliatin gebetan kamu jadian sama sababat kamu sendiri karena kamu terus memendam perasaan...😲 mending nongki cantik disini sembari menyeruput segelas kopi kawa yang hangat...😉

Lokasinya di No.443, Bukit Siangin, Bayua Tanjuang Alam, Jl. Raya Batusangkar - Bukittinggi, Tabek Patah, Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bukanya dari jam 8:00 s/d 21:00 WIB.

Map for pondok goreng kawa daun mangkuto

Lembah Harau

Sebelumnya saya sudah pernah berkunjung ke lembah Harau di tahun 2015.

3 tahun berselang ternyata wisata lembah harau sudah semakin berkembang dan tertata. Terdapat beberapa atraksi wisata baru seperti sepeda layang dan balon udara ala-ala cappadocia dan pilihan homestay yang juga semakin menjamur, serta terdapat pendopo yang bisa digunakan untuk berbagai event.

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah spot foto yang juga semakin banyak dan salah satu yang terkenal adalah berfoto didepan pohon kering yang berada dibelakang gedung bergaya Eropa dan banyak yang bilang hasil fotonya seperti ada di korea dan inilah penampakan spot foto tersebut yang juga membuat saya penasaran untuk melihatnya.

Ada juga tempat penyewaan hanbook guna mendukung foto ala-ala korea yang diinginkan.

Berikut potret 2 buah homestay yang menarik hati saya

Karena saat saya berkunjung ke lembah harau di hari libur sekolah jadi dimana-mana rame banget dan kalaupun mau berkeliling, matahari juga masih sangat menyengat sehingga jajan sudah tentu menjadi pilihan saya selain dapat berteduh dari panas matahari, perut kenyang dan hati pun senang...😀 jajanan yang saya beli adalah karupuak kuah dan cappuccino cincau

Karupuak Kuah

Cappuccino Cincau

Map for Lembah Harau

Martabak Kubang Hayuda

Ini makanan yang bikin saya kangen sama kota Padang. Martabak kubang hayuda itu mantapo sekalilah pokoknya selain harganya ramah dikantong, isian martabaknya juga gak pelit termasuk juga potongan dagingnya yang banyak serta kuah martabaknya yang asem, manis dan pedasnya pas banget. Really recomanded

Lokasinya di jalan Moh. Yamin No. 138, Belakang Olo, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Mereka buka setiap hari mulai dari jam  14:00 s/d 0:00 WIB

Map for Martabak Kubang Hayuda

Lontong Ayah dan Mama Mur

Lontong Gulai

Di Lontong ayah dan mama mur ini ada beberapa pilihan menu seperti: lontong gulai, pical, dan aneka bubur.

Waktu masih tinggal di Padang. Setiap Belanja ke pasar pagi pasti sarapan dulu di sini. Harganya murah meriah dengan porsi yang jumbo tapi rasanya enak. Mantap banget gak tu...😊

Bukti tempat sarapan pagi ini rame adalah lontong super jumbo ini. Bisa dibayangkan berapa porsi lontong yang bisa mereka sajikan ke pelanggan setiap harinya dengan tumpukan lontong sebanyak ini.

Lokasinya di Pasar pagi Raden Saleh, rimbo kaluang, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Masuk kedalam pasar sedikit dari jalan yang disamping toko one.

Map for Lontong Ayah dan Mama Mur

Universitas Negeri Padang

Gedung Hospitality Training Center Universitas Negeri Padang

Di universitas inilah saya belajar ilmu perhotelan selama 4 tahun dari 2011 s/d 2015 tapi ketika saya wisuda gedung-gedung baru ini masih dalam proses pembangunan. Jadi kali ini saya mampir untuk  sekedar melihat wajah baru Universitas Negeri Padang (UNP) setelah renovasi, sekalian mengobati kekepoan saza...😃

Ampera Mama Putri

Ampera mama putri ini merupakan tempat makan siang terfavorit zaman kuliah terutama saat awal-awal minggu karena baru dapat kiriman dari orang tua. Saya nemu tempat ini di semester akhir kuliah.

Setiap makan di ampera ini pilihan saya selalu ikan bakar tidak pernah move on. Jadi kalau mau makan disini saya datang sebelum jam 12 siang karena takut kehabisan ikan bakar. Soalnya ikan bakarnya emang laris banget. Really recomanded

Dulu tempat ini belum punya nama seperti sekarang dan meja makannya pun masih kecil jadi banyak dari pelanggannya yang memilih untuk take away tapi sekarang sudah 2 kali lebih besar dari sebelumnya, ini pertanda bahwa usaha mama putri ini berkembang.

Lokasi ampera mama putri di jalan Elang, Air Tawar Barat, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Map for Ampera Mama Putri

Bonus Capture

Potret salah satu rumah gadang semi etnik di Payakumbuh. Rumah ini berdekatan dengan rumah salah satu teman dan saya menyayangkan  sekali kenapa rumah seindah ini dibiarkan tidak berpenghuni.

Saya termasuk orang yang senang akan hal-hal yang berbau adat-istiadat, salah satunya ya rumah gadang ini, apalagi kalau udah ketemu dengan rumah yang ukirannya full. Aduh... berasa seneng banget ngeliatnya + kagum karena setiap ukiran memiliki nama dan filosofinya masing-masing.