Choco Cashew Jam

By HERVINA - August 03, 2018




Morning Folks,

Bulan lalu saya ada buat selai rosela dan saya post di highlight instagram. Dari sana saya kepikiran "kenapa gak saya buat selai sendiri aja untuk kedepannya daripada beli. Nantinya selai yang saya buat pasti akan lebih sehat (pd banget ya..😁✌) karena selain bebas pengawet juga takaran gulanya bisa saya sesuaikan dengan selera saya dong". Maklumnya usia udah 1/4 abad jadi mulai kurang suka sama makanan yang manis-manis.

Saat itu saya punya ide untuk buat homemade nutella karena selai ini merupakan salah satu favorit saya, apalagi kalau di makan pakai roti..emmm😋yummmy... sayangnya harga selai nutella 
itu loooh yang lumayan menguras pundi-pundi keuangan.

Saat saya belanja bahan-bahan untuk buat homemade nutella ini ternyata si kacang hazel yang menjadi bahan utama tidak ditemukan, saya udah cari dibeberapa toko bahan kue dan memang mereka gak ada yang jual kacang hazel, paling banter mereka jual kacang almond itupun gak banyak trus kacang mete, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hijau tentunya.

saya pikir "ya sudahlah ya, 
saya ganti ke selai cokelat kacang mete aja, lagian saya juga belum pernah makan selai yang pake tambahan kacang mete". Jadi saya cobalah buat dengan resep seperti dibawah ini:

Bahan:

100 gr kacang mete
100 gr cokelat batangan, lelehkan
30 gr gula halus
10 gr cokelat bubuk
80 ml minyak sayur
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanila bubuk


Cara Membuat:



Sangrai atau oven kacang mete sebentar hingga sedikit berubah warna dan tekstur kacang lebih crunchy/ garing 


Haluskan kacang mete yang sudah disangrai dengan menggunakan dry blender hingga benar-benar halus


Campurkan semua bahan dalam wet blender hingga tercampur dengan baik


Hasil akhirnya akan jadi seperti ini, tetapi selai kacang yang saya buat tidak bisa smooth banget seperti buatan pabrik dan masih ada tekstur kasar-kasarnya sedikit karena blender yang saya gunakan juga yang standard, baru hidup sebentar aja tabung blendernya udah panas mungkin karena bahan yang dimasukkan kental atau menggunakan cairan yang sedikit sehingga kerja motor blendernya juga lebih berat. 

Rasa selai cokelat kacang mete yang saya buat mirip banget dengan selai nutella cuma memang ada rasa pahitnya sedikit karena saya pakai dark chocolate dan gulanya pun hanya sedikit tapi justru rasa seperti ini yang menjadi favorit saya. Jadi kalau kamu penyuka makanan manis, kamu bisa adjust gulanya sesuai selera kamu dan kalau kamu tidak punya gula halus dirumah, bisa pakai gula yang biasa tetapi di haluskan terlebih dahulu menggunakan dry blender dan di saring agar butiran gula yang kasar tidak terikut.


Happy Cooking Everyone...😃

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar