Bumbu Dasar Masakan Nusantara

By HERVINA - September 22, 2018



Secara umum, masakan Indonesia menggunakan beraneka jenis rempah-rempah dan bumbu masak, contohnya saja randang. Dalam masakan randang itu bisa mengunakan lebih dari 10 jenis rempah. 

Kompleksnya bumbu masakan Indonesia inilah yang mendasari anggapan bahwa masakan Indonesia itu ribet untuk dibuat karena untuk mengingat detail bahan dan bumbu yang digunakan pada satu masakan saja sudah njelimet (rumit) apalagi mau menghapalkan beberapa resep masakan 😌 bubar deh isi kepala 😂😂

Tapi dari sekian banyak ragam jenis bumbu masakan nusantara, kita bisa mengelompokkannya berdasarkan kemiripan bahan penyusun bumbu masakan yang digunakan atau bisa disebut juga sebagai bumbu dasar. Bumbu dasar masakan Nusantara itu ada 3, yaitu bumbu merah, bumbu kuning dan bumbu putih. Kalau sudah paham dengan 3 jenis bumbu ini, mau masak masakan nusatara yang mana aja juga jadi lebih gampang.






Bumbu Merah

Bumbu dasar merah terdiri dari cabe merah, bawang merah dan bawang putih. Bumbu merah ini bisa digunakan untuk masakan seperti balado hanya tinggal ditambahkan tomat jika suka tapi adapula yang mengganti tomat dengan asam jeruk atau asam jawa agar balado yang dibuat tidak cepat basi dan menambahkan daun jeruk dan daun salam agar aroma baladonya lebih menggugah selera. Masakan lain yang menggunakan bumbu ini adalah nasi goreng, gulai, kari, semur pedas, urap, rica-rica dan masih banyak lagi. 






Bumbu Putih


Bumbu dasar putih terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri, merica. Bumbu dasar putih bisa digunakan untuk masakan yang berwarna seperti gudeg, opor, semur, lodeh, rawon, sup dan masih banyak lainnya.






Bumbu Kuning


Bumbu penyusun dari bumbu dasar kuning ini sebenarnya sama dengan bumbu dasar putih hanya saja bumbu dasar kuning menggunakan tambahan kunyit dan ketumbar. Jadi kalau dijabarkan bahan dari bumbu dasar kuning adalah bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri, ketumbar dan merica. masakan nusantara yang menggunakan bumbu ini adalah ayam goreng kuning, acar kuning, soto, tongseng dan masih banyak lainnya.






Bumbu Orange

Bumbu orange ini bukan termasuk ke bumbu dasar tapi saya mau share aja...😁. Bumbu orange ini terdiri dari campuran bumbu merah dan bumbu kuning. Jadi bahan yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, kemiri, adas manis dan jinten. Bumbu ini biasanya digunakan untuk gulai, bumbu bakaran, pepes, kari dan masih banyak lagi.




Happy Cooking Everyone...😁






  • Share:

You Might Also Like

0 komentar