Homemade Egg Tofu

By HERVINA - October 13, 2018

Sebulan belakangan ini tiap buka youtube, saya hampir selalu nonton channel yang mengangkat tema traditional Chinese daily life mulai dari mencari bahan makanan, mengolah makanan dan menyimpan makanan didalam kendi-kendi yang menurut saya sangat menarik dan mengagumkan.

Karena tontonan yang menginspirasi ini juga yang membuat saya semakin bersemangat belajar masak...😀

Dan sekarang tu saya lagi suka-sukanya buat produk olahan dari kacang kedelai, seperti susu kedelai dan tahu. Kalau susu kedelai mungkin temen-temen tau gimana buatnya atau suka juga buat dirumah kan ya...

Jadi yang saya belajar itu cara buat tahunya...

Sejauh ini saya sudah coba untuk buat tahu padat (firm tofu), tahu sutera (silken tofu) walaupun masih belum berhasil dan tahu telur (egg tofu)dari 3 jenis tahu yang sudah saya buat tersebut yang menurut saya paling sukses hasilnya adalah egg tofu.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara membuat egg tofu kepada teman-teman. Egg tofu juga enak kalau mau dimakan langsung tanpa di olah lagi bersama sayur atau lauk-pauk karena udah ada rasanya dan teksturnya juga lembut seperti puding, pokoknya endolita parah.

Ok kita langsung ke resepnya aja ya...

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep

600 ml susu kedelai
6 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
1/2 sdt merica bubuk (optional)  

Cara Membuat 

Kocok telur bersama garam, kaldu bubuk dan merica hingga tercampur rata tetapi tidak harus sampai kembang. Masukkan susu kedelai dan aduk rata lalu saring agar tidak ada gumpalan sehingga tekstur egg tofu menjadi lembut.

Setelah semua bahan tercampur rata

Masukkan dalam loyang dan kukus selama 15-20 menit dengan api sedang lalu angkat dan dinginkan. Tahu telur siap untuk di makan atau di masak lagi dengan sayur atau lauk-pauk.
Penampakan egg tofu setelah di kukus

Kebetulan kemari saya masak sapo tofu gadungan atau ala-ala dapurnya vina's cooking journey pake si egg tofu ini. Resepnya juga simple aja karena cuma menggunakan bahan-bahan yang ada di kulkas aja.


Sapo Tofu ala-ala


Resep sapo tofu ala-ala

250 gr egg tofu
1 buah wartel
1/2 kaleng jamur kancing
1 buah daun bawang
3 buah cabe merah keriting
3 buah bawang putih, cincang
2 ruas jari jahe, cincang
1 sdt maizena
150 ml air
Minyak untuk menumis

Bumbu

1 sdt garam
1 sdt saus tiram
3/4 sdt gula
1/2 sdt kaldu jamur
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat


  1. Goreng egg tofu sebentar saja yang tujuannya hanya untuk membuat kering dibagian luar tahu
  2. Tumis bawang putih dan jahe hingga layu dan wangi lalu tambahkan wortel, jamur kancing dan cabe merah , oseng-oseng hingga wortel setengah layu
  3. Masukkan bumbu-bumbu, egg tofu dan air, aduk lalu tutup pan tunggu hingga mendidih dan matang sambil diaduk sesekali
  4. setelah matang baru masukkan larutan maizena, aduk-aduk. Angkat dan sajikan.

Notes: 

Untuk membuat egg tofu intinya antara susu kedelai dan telur perbandingannya pas. Jadi kalau takaran yang saya punya setiap 100 ml susu kedelai menggunakan 1 butir telur dan untuk garam, lada dan tambahan lainnya bisa disesuaikan dengan selera aja.


Happy Cooking Everyone...😄


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar