Nasi Bakar Ayam Pedas Manis

By HERVINA - November 05, 2018

Nasi Bakar Ayam Pedas Manis
Hello,  

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya akan membagikan resep nasi bakar ayam pedas manis. Resep ini saya rasa cukup praktis buat dijadikan bekal family camping atau sekedar buat makan siang dirumah. Prepare dulu printilannya ntar pas mau makan baru di bakar...

intermezo sedikit ya...

Nasi bakar ini sedikit membuat saya flash back ke masa kecil. Masih membekas diingatan saya, jadi hingga usia 6 tahunan saya pernah tinggal di Takengon, Aceh Tengah karena orang tua saya merantau kesana dan berkebun kopi. Jadi, setiap musim panen kopi mamak saya hampir selalu buat bekal nasi bakar semacam ini untuk bekal karena kalau panen biasanya bisa dari pagi sampe sore di kebun dan biasanya di kebun itu selalu buat perapian untuk mengusir agas atau nyamuk hutan. Jadi waktu makan siang tiba, si nasinya langsung dibakar diatas perapian tersebut sekalian menghangatkan badan dari dinginnya cuaca pegunungan ...wah itu seru banget sih.

Mungkin lain kali saya juga akan share nasi bakar andalan mamake saya...😉


Back to the recipe...

Kita persiapkan ayam pedas manisnya dulu ya


Bahan-bahan ayam pedas manis
Bahan:

150 gr dada ayam tanpa tulang
1/2 pack jamur white shimeji
1/2 cup jagung sisir
1/2 bh bawang bombay, iris tipis
12 bh cabe merah keriting
4 siung bawang putih
4 lbr daun jeruk, buang tulang tengahnya
2 lbr daun salam
1 btg serai, geprek
2 cm lengkuas, iris-iris
1 cm jahe, geprek
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
1 sdt kaldu jamur
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk
rawit utuh, optional
minyak goreng untuk menumis

Pelengkap:

3 porsi nasi pulen
Daun pisang untuk pembungkus
Tusuk gigi

Cara Membuat:

  1. Potong-potong dada ayam menjadi dadu kecil atau sesuai selera
  2. Tumis cabe merah keriting dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga setengah layu. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, jahe dan lengkuas tumis hingga layu dan wangi
  3. Masukkan potongan ayam, kecap manis dan saus tomat masak hingga setengah matang lalu tambahkan jamur white shimeji dan seasoning (gula, garam, kaldu jamur dan lada) masak hingga matang dan cicipi apakah rasanya sudah sesuai selera
  4. Tambahkan bawang bombay dan rawit utuh, aduk sebentar lalu angkat dan sisihkan
Nasi ayam pedas manis  sebelum dibungkus

Siapkan daun pisang, ambil nasi secukupnya lalu pipihkan. Berikan ayam pedas manis diatasnya lalu tutup dan gulung daun serta padatkan nasinya. Pincuk atau sematkan bagian ujung-ujung daun dengan tusuk gigi


nasi siap untuk dibakar

Setelah itu kukus nasi selama 5-10 menit lalu bakar atau bisa juga langsung dibakar, tergantung selera aja 👌. Nasi bakar siap dinikmati selagi hangat. Lebih enak sih kalau ditambah lalapan daun kemangi


Notes

Jamur white shimeji sebaiknya tidak dimasukkan diawal agar masih ada teksturnya saat dimakan jadi gak benyek atau kematengan jamurnya.

Resep yang saya buat ini sedikit pedas, buat kamu yang bukan pencinta pedas bisa kurangi spicy levelnya

Resep untuk 3 porsi

Happy Cooking Everyone...😊


















  • Share:

You Might Also Like

0 komentar