Bakso Ayam

By HERVINA - November 23, 2018

Mestinya resep ini di post minggu lalu tapi menurut saya hasil baksonya masih belum ok, terutama pada perbandingan daging ayam dan tepung tapioka yang masih kurang pas dikarenakan porsi daging ayam yang terlalu dominan dan teksturnya kurang halus sehingga baksonya jadi lebih lunak dan mudah hancur saat di olah lagi.

Saya buat lagi donk adonan bakso yang baru dan Alhamdulillahnya berhasil dan sesuai harapan. 

Dasar resep bakso ayam yang saya buat ini adalah dengan menggunakan perbandingan

2 (daging ayam giling):1 (tepung tapioka): 1 (air)

Inti dari resep ini ya dari perbadingan bahan utamanya, jadi kalaupun jumlah bakso yang akan dibuat lebih dari resep yang saya bagikan, hasil baksonya akan sama bagusnya dan untuk bumbunya tergantung selera lagi sih atau lebih ke main feeling...😁 

Perlu diingat, walaupun bakso ayam hanya menggunakan tepung tapioka tetapi hasilnya tidak akan kenyal melainkan lembut beda dengan bakso sapi yang lebih kenyal dan berserat karena serat daging ayam memang jauh lebih lembut dibandingkan serat daging sapi.

Untuk resep bakso ayam yang saya buat adalah sebagai berikut:


Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep
500 gr dada ayam tanpa tulang
250 gr tepung tapioka
250 ml air es
1 btr telur

Bumbu
6 siung bawang putih
1/4 cup bawang merah (7-8 siung)
3/4 sdm gula
3/4 sdm garam
1 sdt kaldu jamur bubuk, atau bisa diganti dengan kaldu ayam bubuk
1 sdt lada bubuk


Cara Membuat
  • Haluskan daging ayam bersama bumbu serta air es hingga benar-benar halus
  • Pindahkan daging ayam yang telah halus kedalam baskom/ wadah berukuran besar. Tambahkan tepung tapioka dan telur lalu aduk hingga rata
  • Panaskan air dalam panci untuk merebus adonan bakso, tambahkan sedikit minyak goreng kedalam air rebusan agar bakso tidak menempel satu sama lain saat direbus
  • Tunggu hingga air rebusan mendidih, baru mulai mencetak dan merebus adonan bakso
Cara Saya Cetakin Bakso
  • Cetak adonan bakso dengan tangan seperti yang saya lakukan namun sebelumnya lapisi tangan menggunakan hand gloves agar lebih bersih atau bisa juga mencetak adonan bakso dengan menggunakan 2 buah sendok untuk membentuknya hingga menjadi bulat 
Proses Perebusan Bakso
  • Rebus bakso hingga matang yang ditandai dengan bakso sudah mengapung atau naik ke permukaan air
  • Setelah bakso matang, angkat dan pindahkan kedalam wadah berisi air dingin atau air es untuk mendinginkan bakso atau menghentikan proses pematangan dari si bakso tersebut dan agar bakso tidak lengket juga
  • Kalau bakso sudah dingin bisa langsung di kemas dan disimpan dalam freezer atau di sajikan bersama kuah bakso atau menu lain.
This is it...hasilnya 👌

Hasilnya lumayan banyak, lagi bakso ini kan kembang saat direbus udah kayak bola bekel yang kecemplung minyak tanah...😂 soalnya saya udah kecil-kecilin cetakannya...ehh hasilnya gede uga..😋

Oya...saya juga buat varian bakso isi keju. Keju yang saya pakai adalah keju kraft quick melt. Jadi pas baksonya dibelah, kejunya nanti akan meleleh. Kraft quick melt ini rasanya ringan dan gak bikin enek




ini hasil bakso ayam yang pake keju. Saya pake dikit aja kejunya di tengah. Penampakan di foto baksonya udah agak dingin jadi kejunya juga udah jadi setengah keras

Spoiler
Selanjutnya akan ada juga resep kuah baksonya...tapi sekarang sedang trial and error untuk dapatin kuah bakso yang mantul (mantap betul)

Happy Cooking Everyone...😊

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar