Sate Godok (No grilled Satay)

By HERVINA - June 12, 2018


Tidak terasa lebaran idul fitri tinggal 3 hari lagi (kalau tidak ada perubahan ✌). Idul fitri merupakan momen yang kita nantikan setelah menjalankan puasa sebulan penuh. Idul fitri menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga besar, waktu dimana sanak saudara yang tinggal jauh dari kampung halaman akan pulang untuk saling melepaskan rasa kangen dan saling maaf memaafkan.

Idul fitri juga sangat identik dengan bagi-bagi THR, beli baju baru, membuat beragam jenis makanan mulai dari kue-kue hingga lontong sayur dan pelengkapnya. Rutinitas inilah  yang semakin membuat anak rantau kangen akan kampung halaman, terutama menu lebarannya.

Lalu bagaimana dengan anak rantau yang belum bisa berlebaran dikampung halaman? Apa menu lebaran yang bisa dibuat dan simple? tenang saja, saya punya ide menu lebaran yang simple and easy to cook, jadi lebaran kamu tidak hanya ditemani oleh nasi hangat, telur dadar dan air mata...😭 (sedih karena gak bisa pulang kampung)

Menu lebaran yang akan saya bagikan hari ini adalah sate godok. Kalau di rumah orangtua saya sate godok ini jadi second option menu lebaran apabila kami bosan dengan menu lontong sayur dan juga kalau lagi gak mau ribet-ribet masak lontong sayur beserta printilannya, mamak saya biasa menyebut sate godok sebagai sate tubruk karena daging dan bumbu satenya tubrukan a.k.a ketemu didalam satu kuali. 

Lebaran idul fitri tahun lalu saya juga buat menu ini karena kebetulan saya juga tidak bisa berlebaran di kampung halaman tapi sudah kangen dengan masakan rumah (curhatan anak rantau.. 😢). 


Untuk kamu yang tidak punya peralatan masak juga masih bisa memasak sate godok ini dengan memanfaatkan rice cooker yang kamu punya, untuk bumbunya bisa beli bumbu giling di pasar dan kacang tumbuknya bisa diganti dengan selai kacang dengan takaran seperti resep dibawah ini: 

Bahan
350 gr ayam tanpa tulang, potong 2 x 2 cm
100 gr kacang tanah, tumbuk halus
100 gr gula merah, iris
500 ml santan encer
400 ml santan kental
1/3 cup kecap manis
2 sdt garam
1 sdt asam jawa tanpa biji
1 batang serai, geprek dan simpul
3 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
4 cm kayu manis
minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu Halus
10 buah cabe keriting
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah kemiri
1 sdm ketumbar
1 sdt lada putih
1 sdt jinten
3 cm lengkuas
2 cm jahe
2 cm kunyit


Cara Membuat
  1. Tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk dan kayu manis hingga harum
  2. Masukkan santan encer masak hingga mendidih sambil diaduk sesekali lalu tambahkan gula merah, kecap manis, garam, asam jawa, tunggu hingga cairan sedikit menyusut.
  3. Masukkan potongan ayam dan santan kental, masak hingga sedikit mengetal.
  4. Tambahkan kacang tanah tumbuk sambil diaduk-aduk agar kacang tidak menggumpal, masak hingga matang dan mengental, sate godok pun siap untuk disajikan bersama lontong.
Pelengkap Sate Godok
Kerupuk
Sambal rawit (rawit di rebus dengan sedikit garam lalu dihaluskan)
Lontong (lontong yang sudah matang banyak di jual di pasar, terutama saat menjelang lebaran)

Tips
  1. Perbandingan kacang dan santan adalah setiap 250 gr kacang menggunakan santan dari 1 butir kelapa.
  2. Apabila sate godok yang kamu buat menggunakan daging sapi, maka santan encer membantu untuk melembutkan daging tersebut, jadi santan encernya bisa dilebihkan dari takaran di resep.
                                                                                                                                                          Happy Cooking Everyone...😄






  • Share:

You Might Also Like

0 komentar