Gulai Kikil

By HERVINA - July 14, 2018


Hi Folks, Kali ini saya akan membagikan resep gulai kikil, pada dasarnya gulai kikil ini sama aja dengan gulai tunjang khas Minang. 

Bedanya kalau gulai tunjang menggunakan tunjang atau kikil kaki sapi sedangkan gulai kikil yang saya buat menggunakan kikil bagian badan sapinya yang teksturnya tidak sekenyal kikil kaki sapi sehingga tidak butuh waktu lama untuk memasaknya hingga lembut dan harganya juga terbilang murah sekitar Rp. 40.000,-/kg. 


Kikil ini pun untung-untungan dapatnya karena emang jarang banget adanya di pasar. Jadi trik saya, kalau lagi pengen makan kikil dan di langganan saya beli daging sapi lagi ada kikil, ya saya beli aja dulu untuk urusan mau dimasak apa, entar aja di pikirin di rumah...😃👌


Tapi sebenernya enakan tunjang sih soalnya di tunjang itu ada tulang rawan yang nyempil-nyempil di kikilnya, jadi pas dimakan kayak dapat 2 tekstur sekaligus (itupun kalau suka 😋)

Ok, sekarang kita langsung aja ke resepnya ya...

Bahan:

650 gr kikil sapi
1 ltr santan encer
1/2 ltr santan kental
2 cm lengkuas, iris tebal atau geprek
1 buah serai, geprek
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
1/2 lbr daun kunyit, ikat simpul
2 sdt garam
1 sdt gula merah

Bumbu Halus:

10 bh cabai merah
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt jinten
1/4 sdt adas
1/4 sdt merica

Cara Memasak:

  1. Bersihkan kikil terutama pada bagian dalamnya atau bagian yang lunak karena biasanya ada kotoran sisa perebusan yang menempel. Bersihkan dengan cara dikerok dengan sendok dan cuci bersih.
  2. Rebus atau bluch kikil dengan sedikit jahe yang di geprek untuk semakin membersihkan kotoran yang menempel dan menghilangkan baunya.
  3. Tiriskan kikil yang sudah di blunch dan cuci bersih kembali di air mengalir lalu potong kikil sesuai selera.
  4. Siapkan pan dan masukkan santan encer, bumbu halus, kikil, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, dan daun kunyit kedalamnya, masak hingga santan menyusut dan sedikit berminyak sambil di aduk sesekali.
  5. Setelah santan sudah menyusut dan kikil sudah terasa empuk, masukkan santan kental, gula dan garam secukupnya, aduk-aduk perlahan agar santan tidak pecah dan jangan ditinggal hingga gulai kikil matang dan sedikit mengental. Kalau sudah matang, gulai kikil bisa disajikan dengan nasi panas dan acar timun.
Sajikan untuk 10 orang

Notes:

  1. Cabe merahnya bisa di adjust untuk para penyuka pedas karena resep yang saya buat gak pedas sama sekali
  2. Kuah gulai akan sedikit bertekstur seperti jelly pada saat dingin. jadi, saran saya sajikan ketika hangat










  • Share:

You Might Also Like

0 komentar