Ikan Cuka Khas Riau

By HERVINA - February 08, 2019


Sejujurnya saya gak pernah tau apalagi nyobain ikan cuka ini...jadi gak ada gambaran sama sekali gimana rasanya ikan cuka Riau...

Tapi kebetulan ada temen saya yang bisa masak ikan cuka ini dan tau persis gimana rasanya ya meskipun dia buka anak Riau...😁 ya saya tau resep dan cara membuatnya dari dia

Lucunya, waktu pertama nyoba masak ini saya pikir ikan cuka ini tipe masakan oseng-oseng seperti ikan tumis cabe ijo gitu...jadi sayanya PD aja masaknya trus pas matang ikannya dan dipindahin ke piring saji. Taunya salah cuy...ternyata ini tipikal masakan berkuah..😄😄 ya sudah kembalikan lagi ke wajan tambah air lalu masak lagi sampai mendidih

Untung saja rasanya gak kacau dan enak banget ternyata...ya selera saya banget...asem, manis dan gurih...

Kata temen saya rasanya sama dengan yang dia tau..👍

Karena saya rasa ikan cuka ini endolita rasanya jadi saya juga mau berbagi resep dengan teman-teman sekalian...btw ini takaran bumbunya sesuai selera saya ya

Oya di resep ini saya pake ikan kembung karena saat itu saya punyanya cuma ikan ini tapi lebih enak lagi kalau pake ikan yang banyak dagingnya seperti kakap, tenggiri, tongkol...kalau sukanya ikan kembung juga gak salah sih..ikan kembung juga gak kalah enak dibuat untuk masakan seperti ini

Resep:
1/2 kg ikan segar
5 siung bawang merah, iris tipis
3 lembar daun jeruk, buang tulang tengahnya
3 buah cabe merah keriting, iris serong
1 cm jahe, iris tipis
1 buah tomat merah, bagi jadi 8 bagian
1 batang serai, iris serong
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
3/4 sdm gula pasir
air secukupnya
minyak goreng untuk menggoreng dan menumis


Bumbu Halus: 
10 buah cabe merah keriting



Cara Membuat:
  • Bersihkan ikan dan potong sesuai selera, beri sedikit perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya tambahkan garam dan merica, ratakan ke seluruh permukaan ikan, sisihkan
  • Goreng ikan hingga matang tetapi tidak terlalu garing ya
  • Tumis bawang merah, jahe, serai, daun jeruk dan cabe merah keriting hingga harum dan sedikit layu tambahkan cabe merah halus tumis hingga bumbu matang
  • Masukkan ikan gorengnya, merica, garam dan gula lalu aduk rata tambahkan air secukupnya, tutup pan/wajan tunggu hingga kuah ikan mendidih
  • Tambahkan air jeruk nipis dan potongan tomat, aduk rata lalu tutup lagi pan/wajannya tunggu hingga bumbu-bumbu dan kuah meresap pada ikan atau kuah sedikit menyusut. Angkat dan sajikan
Happy Cooking Everyone...😊




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar