Mangga Pedas

By HERVINA - March 08, 2019

Saya tu penggemar mangga muda kelas berat, jadi kalau di suru milih antara mangga muda atau mangga yang sudah ranum...saya sih lebih yes ke mangga muda. Saking sukanya

Mangga muda itu enaknya di makan pake somboy atau bumbu buah, di rujak apalagi, dan yang lebih mantep itu di bikin sambel untuk cocolan makan ikan bakar atau ikan goreng...sudahlah paling woke banget itu..😋😁

Btw, ini nulis sambil harus berkhayal tentang mangga alamat ngences dan nyari-nyari mangga nih..😃

Tapi kali ini saya buat olahan mangga yang sedikit berbeda, yaitu mangga pedas, rasanya pedaslah pasti tapi enak aja makannya...asem, manis dan pedas jadinya kayak seger aja gitu.

Untuk mangga pedas ini, saya menggunakan mangga apel. Sebenarnya mangga jenis apa aja juga enak dibuat jadi mangga pedas, asalkan rasa mangganya masih asem-asem manis tapi kalau seperti mangga indramayu atau mangga gedong kurang enak dibikin ginian karena gak ada rasa asamnya.

Adanya olahan mangga pedas ini ya karena keseringan nonton video youtuber Cina yang kontennya tentang kehidupan masayarakat pedesaan di Yunan dan Sichuan tapi isi videonya lebih menitik beratkan ke aneka masakan yang biasa mereka konsumsi sih. Nah yang saya liat mereka kalau makan mangga muda itu ya cuma pake cabe bubuk andalan mereka, gula dan garam...jadi saya iseng2 nyobain, eh ternyata enak juga...

Siapa tau temen2 penikmat mangga muda juga suka dengan mangga pedas..😁


Resep:

1 buah mangga muda
1 sdm cabe bubuk
1 sdm gula pasir
Sejumput garam


Cara Membuat:



Mangga yang sudah dikupas dan dicuci bersih lalu di potong memanjang seperti potongan french fries atau sesuai selera juga ok


Bumbui mangga dengan cabe bubuk, gula dan garam lalu aduk rata. Disini saya pake bon cabe level 15 karena stok cabe bubuk saya lagi kosong. Kalau udah pake bon cabe gak usah ditambahin garam lagi karena bon cabe sendiri sudah menggunakan garam



Setelah bumbu dan mangga teraduk rata, mangga pedas sudah bisa dinikmati tapi kalau mau ada sensasi dingin-dinginnya, si mangga pedas yang sudah jadi bisa disimpan didalam kulkas terlebih dahulu selama 15-20 menit tapi teksturnya memang sedikit agak layu jadinya alias gak crispy namun rasa bumbunya justru jadi lebih meresap. Tapi balik lagi, semuanya sesuai selera saja. 

SELAMAT MENCOBA



Happy Cooking Everyone...😊





  • Share:

You Might Also Like

1 komentar