Kue Putu Ayu

By HERVINA - March 15, 2019


Udah lama banget pengen buat kue putu ayu...baru kesampaian sekarang. Walaupun pas proses buatnya rada deg-degan, bakal berhasil atau gak si kue putu ayu ini.

Jadi selama +/- 1 tahun saya mainan mixer, hasil kue yang saya buat itu belum ada yang bener-bener w.o.w gitu...alias lebih banyak yang gagal, soalnya saya juga masih amatir banget...banget...

Jadi hasil kue yang saya buat tu hampir selalu kalau gak kuenya kembang tinggi tapi gak lembut trus kalau udah dingin kayak agak kering gitu atau gak, kuenya lembut tapi bagian tengah pasti ada yang bantet.

Tapi namanya juga dalam proses belajar ya...pasti bakal banyak mengecewakannya dulu di awal...itung-itung menguji kesabaran dan ketelatenan...😁

Untung aja mainan mixer kali ini membuahkan hasil yang manis...akhirnya bisa juga menaklukkan mixer dengan si putu ayu..😃😃

Nah karena hasil putu ayu yang saya buat ok...jadi saya juga mau membagikan resep dan cara pembuatannya ke temen-temen sekalian, kali-kali mau cobain buat putu ayu pake resep yang saya share..

RESEP 

250 gr tepung terigu
250 gr gula pasir
4 butir telur
200 ml santan kental
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt sp
pasta pandan secukupnya

TOPPING

Kelapa parut
Garam

CARA MEMBUAT

  • Berikan sedikit garam pada kelapa parut kemudian kukus selama +/- 15 menit kemudian dinginkan pada suhu ruang. Kepala yang digunakan ada kelapa setengah tua atau yang warna tempurungnya masih cokelat susu. Jumlah kelapa parut dan garam disesuaikan dengan selera saja.
  • Siapkan wadah mixer kemudian masukkan telur, gula dan baking powder kedalamnya lalu mixer hingga adonan mengembang selama +/- 15 menit dengan kecepatan tinggi.
  • Turunkan kecepatan mixer hingga ke no. 1 atau 2 lalu masukkan tepung terigu dan santan secara bergantian hingga habis, mixer hingga tercampur rata. Tambahkan pasta pandan aduk rata lalu matikan mixer.
  • Siapkan cetakan putu ayu dengan mengoleskan cetakan dengan minyak goreng, tipis-tipis saja tujuan agar kue tidak lengket pada cetakan. Masukkan parutan kelapa yang sudah dingin pada dasar cetakan, tidak usah banyak-banyak cukup 1/4 dari tinggi cetakan saja.
  • Taungkan adonan kedalam cetakan hingga penuh, lakukan hingga adonan habis lalu kukus selama 20 menit.
  • Angkat putu ayu dari kukusan lalu diamkan sejenak hingga sedikit dingin lalu keluarkan dari cetakan dan sajikan bersama wedang favorit keluarga anda.
NOTES
  • Untuk yang suka kue dengan rasa tidak terlalu manis, saya rekomendasikan untuk menggunakan takaran gula 225 gr. Jadi, gak cepet enek saat cemal-cemil putu ayunya.
  • Cetakan yang saya gunakan disini agak tinggi sehingga dalam 1 adonan hanya akan menghasilkan +/- 20 buah putu ayu tapi kalau temen-temen menggunakan cetakan yang agak rendah hasilnya bisa di kisaran 30-35 buah.

Happy Cooking Everyone...😊



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar